Prosesor Intel Atom untuk Mini-Laptop

>> 19 June 2008



Intel telah meluncurkan satu jajaran mikroprosesor Atom terutama ditujukan untuk mini-laptop maupun mobile internet devices lainnya. Atom N270 dan 230 ditujukan untuk laptop dan dekstop mungil. Atom merupakan chip Intel terkecil yakni hanya berukuran 22 mm persegi dan di dalamnya terdapat 47 juta transistor. Prosesor ini dirancang dengan teknologi 45 nanometer.

Prosesor yang serba mungil ini hanya menkonsumsi daya sebesar 1 - 2,5 watt. Panas yang ditimbulkan minimal, dan yang penting adalah penghematan pada batere peranti yang menggunakannya.

Menurut Intel, Atom dirancang dengan microarchitecture yang baru namun tetap kompatibel dengan saudaranya yang lebih "besar". Sehingga kompatibilitasnya tetap dijaga dan Atom tetap dapat menjalankan sistem operasi dan aplikasi-aplikasi PC yang sudah ada.

Beberapa mini-laptop yang sudah diumumkan para vendor seperti dari Acer, Asustek, dan MSI menggunakan prosesor ini. Konon HP dan Dell juga tertarik menggunakan Atom.

Atom diluncurkan Intel untuk menyaingi mikroprosesor VIA C7. Mini-laptop Asus pertama (Asus Eee PC 701 dan 900) masih menggunakan VIA C7, termasuk mini-laptop dari HP. Jadi kini VIA tak sendirian memasok mikroprosesor di pasar mini-laptop dan mobile Internet devices lainnya.

0 comments:

  © Free Blogger Templates Digi-digi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP