Penyimpanan SSD untuk Laptop

>> 19 June 2008

Mini-laptop selain menggunakan harddisk sebagai peranti penyimpanan, juga menggunakan SSD (solid state drive). SSD mirip dengan flash disk, jadi tidak ada bagian-bagian yang “bergerak”. Badingkan dengan harddisk yang memiliki piringan berputar dan head pembaca data yang bergerak di atas piringan.

Karena tidak ada part yang bergerak, kegagalan mekanis – seperti yang dialami harddisk yang mengalami guncangan hebat – tidak terjadi. Selain itu juga konsumsi daya listrik SSD lebih rendah dibandingkan harddisk. Sehingga bila SSD digunakan pada laptop, umur batere akan lebih panjang.

Akses data pada SSD lebih cepat ketimbang harddisk. Sehingga hal ini mempercepat proses start komputer, pembukaan file dan aplikasi. Kecepatan baca SSD bisa sampai 120 MB/detik dan kecepatan tulis 40MB/detik. Kecepatan tulis SSD umumnya memang lebih lambat daripada harddisk standar.

Mini-laptop umumnya menggunakan SSD. Bahkan MacBook dan MacBook Pros (laptop buatan Apple) juga dapat di-upgrade untuk menggunakan SSD. Kapasitas yang tersedia adalah 60GB dan 120GB. Menurut PCWorld.com, tersedia pula MacBooks dan MacBook Pros yang menggunakan SSD.

Para pemain SSD antara lain SanDisk dan Intel yang baru-baru ini mengumumkan produk anyarnya. Intel meluncurkan SSD Z-P230 PATA dengan kapasitas 4GB (USD 25), 8GB (USD 45), dan menyusul kuartal ke-4 tahun ini untuk kapasitas 16GB. Menurut Intel, produknya ini besarnya cuma seperempat dari ukuran harddisk laptop 1,8-inci standar, dan bobotnya hanya 10 gram. Kecepatan bacanya 35MB/detik dan kecepatan tulis 17MB/detik. Konsumsi dayanya 1,65 miliwatt pada kondisi idle dan 314 miliwatt pada saat beroperasi.

Di pihak lainnya SanDisk juga memperkenalkan pSSD (Parallel ATA SSD) dengan kapasitas 4GB, 8GB, dan 16GB. Kecepatan bacanya 39MB/detik dan kecepatan tulis17MB/detik. Menurut SanDisk, produk ini mulai tersedia pada Agustus 2008.

1 comments:

wong_jowo Saturday, 23 August, 2008  

Mas Julianto disini nulis :
"Akses data pada SSD lebih cepat ketimbang harddisk. Sehingga hal ini mempercepat proses start komputer, pembukaan file dan aplikasi"
Apa benar begitu ya? pengalaman saya, laptop yg pake SSD rata2 bacanya sangat jauh lebih lambat dari HDD (IDE/SATA). Saya sudah nyoba pake Asus EEE 8Gb, Zyrex 2Gb, dan Acer Aspire One 8Gb, semuanya sangat lambat (jauh lebih lambat dari HDD (IDE/SATA). Dg RAM 1Gb untuk buka XP aja (standart tanpa antivirus) nunggu sampe 3 menit-an. Buka My Computer > LocalDisk C juga lebih lambat...
Atau mungkin saya ada yg salah? barangkali cara nginstallnya beda?
Mohon penjelasan.............

adikaryacomputer@yahoo.com
wong_jowo_temen@yahoo.com


wong_jowo_temen@yahoo.com

  © Free Blogger Templates Digi-digi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP