Mini-Laptop, Si Mungil yang Murah

>> 17 June 2008

Persis seperti namanya, mini-laptop adalah laptop berukuran mungil. Ada beberapa sebutan untuk laptop mungil ini: mini-notebook, mini-notes, mobile Internet device atau netbook. Berukuran mungil berarti memang layarnya kecil – 7 sampai 10 inci – dan bobotnya sangat ringan, hanya sekitar 1 kg.


Asus pertama kali meluncurkan mini-laptop berukuran 8,9x6,5x1,4 inci dengan layar hanya 7 inci. Di pasar, produk ini mendapat sambutan antusias dari konsumen, dan laris manis bak kacang goreng.


Harga mini-laptop memang murah dan ini menjadi pemuas dahaga para pengidam ultraportable laptop namun dengan dana cekak. Biasanya ultraportable laptop dengan layar sekitar 10 inci, harganya di atas $ 1500. Selama ini yang berlaku di pasar, makin tinggi portabilitasnya (baca: semakin mungil), semakin mahallah harganya.


Nah, mini-laptop telah membalik “sejarah” per-laptop-an. Wujudnya mungil, tapi harganya terjangkau bagi kebanyakan kantong. Produk pertama Asus dijual seharga cuma Rp 3,5 juta.


Kesuksesan Asus, mengundang kompetitor untuk juga berkecipak di segmen pasar ini. Pemain besar seperti HP, Dell, dan Acer masuk ke wilayah ini, termasuk MSI yang juga telah mengumumkan produknya pada pameran Computex di Taipei awal Juni 2008 lalu. Pertengahan 2008 pasar akan dibanjiri dengan berbagai merk mini-laptop.


Kalau Anda termasuk pengidam ultraportable laptop tunggu sampai pertengahan tahun ini, banyak pilihan merk di pasar. Saat ini baru buatan Asus, MSI, dan HP. Dan HP masih harus inden.


Mini-laptop memang tak dapat diperbandingkan dengan ultraportabel laptop yang harganya di atas Rp 15 juta. Kemampuannya tak secanggih ultraportable laptop ini, tetapi mini-laptop sudah sangat memadahi untuk menjelajah Internet, termasuk untuk bekerja menggunakan aplikasi Office. Pekerjaan kantor pada umumnya, tugas-tugas kuliah, dan game sederhana, dapat dijalankan di mini-laptop.


Setelah generasi pertama dengan layar hanya 7 inci (Asus Eee PC 701), Asus baru-baru ini menyempurnakan produknya, Asus Eee PC 900, dengan layar 8,9 inci. Segera Asus juga akan mengeluarkan seri 1000 dan 1000H dengan lebar layar 10 inci. Hewlett-Packard 2133 sudah ada dengan lebar layar 8,9 inci. MSI pun sudah siap dengan seri Wind dengan lebar layar 8,9 dan 10 inci.


Menjelajah Internet dengan layar 8,9 inci sudah memadahi, apalagi kalau yang 10 inci. Resolusinya kini sudah 1024x600 pixel, bandingkan dengan generasi pertama yang cuma 800x480 pixel.Tapi harga yang 8,9 inci masih relatif tinggi, yaitu sekitar Rp 5,5 jutaan. Harga itu sudah termasuk mahal karena dengan harga itu Anda sudah bisa memperoleh notebook yang full-featured tapi dengan layar 14 inci (namun nilai portabilitasnya lebih rendah).


Paling tidak, kemunculan mini-laptop menjadi tonggak baru dari harga laptop yang semakin terjangkau.

1 comments:

manur Wednesday, 17 December, 2008  

sebuah arikel yang berguna buat saya yang memang punya rencana beli laptop awal tahun nanti..thx
emvo-entrepreneur.blogspot.com

  © Free Blogger Templates Digi-digi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP