Linux Ubuntu untuk Mini-Laptop

>> 30 June 2008

Sistem operasi yang dipakai oleh mini-laptop saat ini adalah Windows Vista, Windows XP, atau Linux. Untuk Linux, sejauh ini distro yang dipakai tidak sama, HP misalnya menggunakan SUSE Linux, Asus memakai Xandros, dan Acer menjalankan Linpua Linux Lite. Jenis distro tersebut tergantung pada vendor masing-masing.

Distro Linux yang dipakai akan semakin variatif dengan dirilisnya distro Ubuntu untuk mini-laptop dan sejenisnya. Ini berita baik bagi para pemakai yang sudah terbiasa dengan Ubuntu di desktop. Pengembangnya, Canonical Ltd., telah merilis Ubuntu MID Edition 8.04 yang ditujukan sebagai sistem operasi peranti yang memakai mikroprosesor Intel Atom yang baru. Peranti ini termasuk mini-laptop yang sudah memakainya seperti Asus Eee PC 1000, MSI Wind, HP 2133 Mini-Note PC, dan lain-lain.

MID (Mobile Internet Devices) Edition merupakan “penyerderhanaan” dari versi desktop-nya. Versi ini sudah bisa di-download, tetapi masih ditujukan untuk para pengembang atau vendor.

MID Edition telah disesuakan dengan kebutuhan peranti mobile seperti fitur touch sreen dan penyesuaian untuk layar kecil. Demikian juga aplikasi yang menyertainya, seperti browser, yang juga telah disesuaikan dengan layar kecil. Aplikasi lainnya pada MID Edition antara lain e-mail, calendar, pembuatan dokumen, kontak, dan juga media player.

Menurut sumber dari Canonical, seperti dilansir oleh Computer World, peranti yang menggunakan Ubuntu MID Edition akan mulai muncul akhir tahun 2008 ini.

0 comments:

  © Free Blogger Templates Digi-digi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP