Atom untuk Mini-Laptop Lebih Mahal

>> 24 July 2008

Prosesor yang kini mulai dipakai oleh berbagai merk mini-laptop, yaitu Intel Atom N270, harganya lebih mahal daripada yang versi desktop. Harga resmi (price list) dari Intel Atom N270 adalah US$ 44. Ini 52% lebih mahal daripada Atom 230 yang hanya US$ 29. Atom 230 digunakan untuk mini-desktop (disebut juga nettop) yaitu PC desktop dengan konsumsi daya rendah (sekitar 35 watt), utamanya untuk browsing Internet dan aplikasi ringan lainnya.

Menurut Intel, perbedaan harga ini disebabkan oleh penggunaan bahan yang berbeda. Atom 230 menggunakan bahan yang lebih murah karena emisi panas dari prosesor relatif lebih "diabaikan". Di desktop, emisi panas masih bisa diatasi dengan sistem pendingin mekanis seperti kipas atau heatsink.

Sebaliknya, ruang di dalam mini-laptop sangat terbatas, mekanisme penghilangan panas tersebut tidak dapat diterapkan. Sehingga prosesor harus berukuran kecil dan tidak banyak mengeluarkan panas. Untuk itu prosesor dibuat menggunakan kemasan dengan bahan khusus yang harganya lebih mahal.

Sejauh ini, mini-laptop yang telah dipasarkan di Indonesia, yang menggunakan Intel Atom N270, adalah AsusEee PC 901, MSI Wind, dan Acer Aspire One. Lainnya, antara lain seperti HP Mini-Notes 2133, memakai prosesor VIA C7 - yang merupakan saingan dari Atom.

0 comments:

  © Free Blogger Templates Digi-digi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP